The Gearbulk Scenario

 

Baru-baru ini sebuah perusahaan Shipowner dari Norwegia “Gearbulk” mengumumkan bahwa mereka akan merubah management crew mereka menjadi all Asian Crew.
Berita ini cukup menggemparkan, ada sisi positive dari Asian Seafarer, bahwa tenaga kerja mereka akan banyak di butuhkan di antara European Shipowner, karena tentunya tidak hanya Gearbulk saja yang akan memberlakukan kebijakan tersebut, pastinya juga akan di ikuti oleh European Shipowner yang lain.

Perubahan strategy ini karena di pengaruhi oleh resesi ekonomi yang sekarang melanda hampir sebagian besar negara di EU, dimana cost seafarer Asia lebih profitable untuk budget mereka di bandingkan dengan seafarer EU.

Bagi seafarer Asia, jangan langsung bergembira dulu dengan kondisi strategy ini, karena di pihak lain, beberapa institusi penyedia tenaga kerja EU terutama kadet pelayaran baru, akan mengusahakan sedapat mungkin, melobi instansi terkait agar seafarer EU dapat di terima kembali dalam Crew Management di kalangan Shipowner EU.

Dan sebaiknya kita semua seafarer Asia, terutama seafarer Indonesia khususnya, manfaatkan peluang bagus ini untuk meningkatkan kemampuan diri dalam hal tehnik perkapalan, dengan membuktikan bahwa kita-pun layak mendapatkan apresiasi yang sama dengan seafarer manapun di dunia ini, karena berkemampuan sama dengan mereka, sehingga layak juga untuk mendapatkan higher salary.

Copywriter: Lina
https://asianacrewing.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: