10 Pantangan Seafarer

Tidak ada seorang seafarer-pun yang terlahir pandai, genius dan sempurna, semua harus belajar mulai dari hal yang terkecil dan paling sederhana sampai setinggi mungkin dan yang terpenting berhasil melakukan semua tugas dengan “SELAMAT”.

Namun kita semua tahu, pada saat di lapangan dan menghadapi segala “pressure” yang ada saat bekerja di laut, kesalahan bisa saja terjadi.

Berikut ini kesalah kecil dan fatal yang sering terjadi pada saat seafarer on board :

1. Jangan pernah melakukan perintah yang tidak benar dan illegal
Apapun rank Anda, pastinya anda memiliki atasan yang harus di patuhi perintahnya. Untuk menghindari perintah yang tidak benar dari atasan, pastikan bahwa Anda memahami semua peraturan kelautan seperti SOLAS, MARPOL, COLREG, ISPS, STCW dan lain-lain.
Jangan pernah melaksanakan perintah yang tidak sesuai bahkan melanggar peraturan kelautan international tersebut, karena bisa berujung di penjara dan denda yang amat sangat besar.

2. Jangan pernah menyembunyikan kesalahan atau masalah.
Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, asal saja jangan melakukan kesalahan yang sama sampai berulang kali, pasti akan di maafkan.
Bila Anda melakukan satu kesalahan, segera laporkan pada superior atau rank yang bertanggung jawab langsung dengan tugas yang Anda laksanakan, sehingga tindakan pencegahan bisa segera di ambil.
Menyembunyikan kesalahan akan berujung pada masalah atau bahkan bisa membahayakan seluruh rekan kerja dan seisi kapal.

3. Buatlah Isian Dokumentasi Kapal dengan benar.
Hal ini akan digunakan sebagai bukti ”Authorities” di manapun Kapal Anda berada di semua perairan International.
Bila semua entry dokumen Anda benar, maka sangat membantu pemulihan dan perbaikan kondisi kapal.
Yang terjadi di lapangan, sering di temui adanya manipulasi data ”FALSE RECORD”, sehingga saat terjadi keadaan ”EMERGENCY” fatal bisa di salah artikan dan akan berujung pada hilangnya hak Uang Asuransi Anda karena kerusakan yang terjadi tidak valid.

4. Jangan abaikan Alarm
Setiap alarm pastinya di buat untuk mengingatkan kita pada kejadian yang harus kita cermati dan waspadai, baik alarm visual (lampu) maupun audible (suara), ALARM tujukan untuk memberi peringatan segera pada crew member agar sesegera mungkin melakukan tindakan tertentu.
Jangan hanya diam dan berfikir saja, segeralah bertindak, karena keterlambatan dan kelalaian, walau hanya dalam hitungan detik saja bisa berakibat fatal bahkan bisa menelan korban jiwa.
Contoh kejadian, saat kapal melintas di Indian Ocean yang bisa di katagorikan zona aman untuk Bajak Laut, saat terdengan bunyi General Alarm, Crew member akan beranggapan sebagai ”false alarm”. Mereka yang segera bertindak dapat menyelamatkan diri sampai ke daratan, sedangkan yang tidak menghiraukan alarm tersebut menjadi sandera Bajak Laut.

5. Jangan mengijinkan siapapun masuk kabin Anda
Kabin Anda adalah tempat pribadi dimana semua yang ada di sana menjadi tanggung jawab Anda. Custom Authorities di setiap negara memiliki peraturan masing-masing. Kadang memiliki barang tertentu dianggap melanggar peraturan dan bisa di kenakan sangsi.
Contoh kejadian, seorang Oiler memiliki CD dengan isi pronografi yang di sembunyikan di kabin AB, saat penggeledahan, AB dan Oiler tersebut mendapatkan sangsi yang sama beratnya, walaupun barang tersebut bukan milik AB.

6. Jangan menjadikan diri Anda seorang Courier Service.
Karena merasa ingin membantu sesama, saat joining ship atau signing off, Anda dengan senang hati membawakan oleh-oleh untuk keluarga atau dari keluarga untuk salah satu crew. Keinginan tersebut baik asalkan Anda tahu dan melihat sendiri secara langsung dan memastikan, barang tersebut legal dan tidak membahayakan. Barang titipan dari Agent Anda sekalipun, karena saat di airport dan di serahkan pada Anda, barang tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda.
Contoh kejadian: seorang seafarer yang akan kembali ke Indonesia di titipi bingkisan untuk keluarganya dari teman satu kapal. Saat pemeriksaan oleh Custom ternyata terdapat minuman beralkhohol. Seafarer tersebut di kenakan denda serta karena harus menjalani interogasi dan terlambat, harus membeli tiket pulang sendiri karena ketinggalan pesawat.

7. Jangan terlibat perkelahian – SABAR
Di dalam satu kapal pastinya berasal dari berbagai daerah bahkan dari berbagai penjuru dunia. Perbedaan inilah kadang yang dapat memicu konflik dan dapat berakibat karir seafarer anda terhambat bahkan bisa berujung di penjara.

8. Jangan mabok selama bertugas
Baik sebagai Engine Crew maupun Deck Crew, jangan dalam kondisi di pengaruhi alkohol saat bertugas.
Bila Anda menemui rekan Anda dalam kondisi mabuk, jangan biarkan dia menjalankan tugasnya, sebaiknya sarankan untuk di gantikan dengan yang lain. Karena melanggar peraturan ini akan menyebabkan Anda di skors selama 2 tahun bahkan bisa menyebabkan kecelakaan dan emergency lainnya.
Contoh kejadian, Captain MV Kathrina, dalam keadaan mabuk salah arah dalam menahkodai kapal, sampai akhirnya kapal terdampar di Goodwin Sand – Selat Dover, English Chanel. Sang Captain di kenai hukuman satu tahun penjara.

9. Selalu Tepat Waktu
Sebagai Seafarer, kapal adalah satu-satunya tempat yang paling aman bagi Anda, dan merupakan rumah ke dua saat Anda berlayar di perairan Internasional.
Saat Anda ijin untuk meninggalkan kapal, pastikan Anda akan kebali ke kapal tepat waktu jangan sampai tertinggal kapal, karena dapat menyebabkan kredibilitas Anda di perusahaan hilang.
Pada saat Anda terlambat, kapal tidak akan menunggu karena waktu adalah uang.

10. Kapal bukan milik pribadi Anda.
Saat Signing off dari kontrak, jangan sampai membawa barang apapun yang merupakan ”SHIP’S PROPERTY”. Bahkan memindahkan tempat penyimpanan sekalipun tidak di benarkan, karena akan menyulitkan untuk dicari saat di butuhkan bila terjadi emergency.
Contoh kejadian,  seorang Chief Engineer di penjarakan karena menjual bungker kapal dan demi kepentingan pribadi.  Company dari Chief Engineer tersebut memberikan sangsi seberat-beratnya agar kejadian yang sama tidak terulang lagi di kapal yang lain dan juga oleh crew lain.

Semoga bermanfaat…

Copywriten by: Lina
https://asianacrewing.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: