Asumi 26 VS Rima Perkasa

Rima Perkasa tenggelam

3 hari lalu tepatnya pada hari Kamis 13 Desember 2012, kita mendengar ada tabrakan di sungai Kapuas, Muara Wajok, Pontianak – Kalimantan Barat, antara kapal Tanker dengan Kapal Layar Motor.
Saat itu, kapal Tanker sewaan dari Pertamina MP Asumi 26 yang membawa  20 orang ABK yang sedang tidak dalam membawa muatan, menabrak lambung  Kapal Layar Motor Rima Perkasa dengan 12 Anak Buah Kapal yang mengangkut Beras sekitar 300 – 400 Ton dan bahan sembako dari Semarang yang rencananya akan bersandar di Pontianak.

MP Asumi 26 bergerak dari Pelabuhan kearah jalur keluar perairan Pontianak setelah selesai membongkar muatan bahan bakarnya, dan sama sekali tidak mendeteksi ataupun melihat ada kapal kecil berada di depan jalur mereka.
Senggolan ini sedikit demi sedikit mengakibatkan karamnya kapal Rima Perkasa.

Walaupun tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian yang di derita oleh pemilik kapal Rima Perkasa ini cukup besar.
Karena selain kerugian yang di sebabkan oleh kondisi kapal, juga karena isi muatan kapal yang berupa sembako dan beras tidak dapat di selamatkan.
Koordinator Pengamanan dan Penertiban Syahbandar Pontianak, Yasidi Bustam mengatakan, pihak keamanan telah berusaha semaksimal mungkin, namun tidak juga bisa mencegah penjarahan muatan dan barang-barang lain yang ada di dalam kapal tersebut oleh masyarakat setempat.

Posisi Tabrakan ini pada koordinat 00.01.89 N dan 109.12.70 E.
Kecelakaan yang terjadi pada pukul 06:42 waktu setempat ini di sebabkan karena berkurangnya jarak pandang kapal dari yang normalnya 100 meter, namun pada saat itu hanya sekitar 50 meter saja, karena terhalang embun dan juga kabut pagi.

Kemampuan ABK yang sedang bertugas saat itu juga perlu di pertanyakan, karena tidak melaksanakan kewajibanya  dengan baik serta tidak menggunakan fasilitas yang telah di sediakan semaksimal mungkin untuk keselamatan.
Karenanya, Nahkoda Asumi 26 sementara ini diamankan oleh pihak yang berwajib untuk di mintai pertanggungan jawabnya.

Dengan lebar sungai sekitar 250 meter, incident tabrakan antara Asumi 26 dan Rima Perkasa tidak menghalangi alur lalu lintas sungai.

Safety First !

Copywrite by: Lina
https://asianacrewing.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: